Difa Computer

Ilmu Komputer Lengkap

Agar Mata Terjaga dari Radiasi Komputer


Ada beberapa tips agar mata kita terjaga dari Radiasi (Pancaran Cahaya Langsung) Komputer. Semoga setelah kita menerapkan tips-tips tersebut mata kita lebih terjaga. Baik, simaklah 10 tips di bawah ini.

  1. Pasanglah filter pada monitor komputer kita. Filter ini berfungsi untuk menahan radiasi agar tidak langsung sampai ke mata.
  2. Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma.karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama. Jika kita punya cukup uang, bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.
  3. Jagalah jarak mata kita dengan monitor komputer, idealnya adalah 30 cm.
  4. Tarohlah monitor sejajar dengan mata kita.jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Usahakan saat kita melihat komputer rasanya enak dan nyaman (duduk yang tegak).
  5. Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata. Jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata kita menjadi silau.Juga jangan terlalu gelap, karena akan menyebabkan mata kita bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering. Atur screen refresh rate menjadi 75 htz. Caranya jika kita pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate. Atur menjadi 75 htz.
  6. Sesering mungkin kedipkan mata, karena akan merangsang kelenjar air mata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab. Jika kita jarang mengedipkan mata, maka mata akan menjadi kering. Jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnya memerah. Bila perlu kita bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu keadaan basah.
  7. Kita bisa membeli semacam kacamata yang bisa kita pakai pada saat menggunakan komputer.
  8. Perhatikan cahaya di sekitar ruangan tempat kita menggunakan komputer. Usahakan ruangan cukup pasokan cahaya. Jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap (tidak cukup cahaya).
  9. Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit. Kita bisa melihat-lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata.Usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan, karena menurut para peneliti, warna hijau mampu membuat mata kembali segar.
  10. Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A seperti wortel. Juga rajinlah untuk memeriksakan mata ke dokter mata untuk mengetahui adanya gangguan pada mata. Jika mata benar-benar sudah terasa tidak enak, jangan malu untuk menggunakan kacamata.

Mulai sekarang sayangilah mata kita, karena ini merupakan anugrah dari Tuhan. Bayangkan jika kita tidak bisa lagi menikmati indahnya alam ini termasuk komputer itu sendiri. Jabat erat dari saya, Dadan Ramdani.

Filed under: Artikel Computer, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Puisi adalah Hidupku

  • Anu Aya dina Hate 3 Juni 2016
    Ieu tulisan mangrupakeun gambaran hate. Sok sanajan sajatina mah ulah sok hayang ngabudalkeun, bisi kasebut jalma nu ria, takabur, sum’ah, jeung ‘ujub. Tapi da angger teu kuat, maklum kuring mah jalma nu ad’aful iman… Anu aya dina hate kuring, kuring hayang saperti batur bisa ngamalkeun eusi Al-Qur’an, nepika hirupna baragja, sabab bener-bener ngamalkeun par […]
    dadan ramdani
  • Untuk Sahabat 3 Juni 2016
    Yang namanya makhluk (manusia) pasti membutuhkan yang lainnya (hidup bersosial). Dengan demikian, kita tak mungkin hidup sendiri. Aku masih ingat nasihat guruku di MA YPK Cijulang, “semua makhluk adalah sahabat kita, semua makhluk sebagai bintang, kita harus memandang sama, kita harus mencintai dan menyayangi semuanya. Dan cinta serta sayang itu harus balanc […]
    dadan ramdani
%d blogger menyukai ini: